Rabu, 15 Agustus 2012

Cara Aman Menyambung Kabel

oleh: Dewi Kartini

Menyambung kabel harus dilakukan dengan benar. Inilah 4 langkah aman untuk mengerjakannya.
Hati-hati “bermain” dengan listrik. Salah sedikit, nyawa dan harta jadi taruhannya. Bukan bermaksud menakut-nakuti, tapi memang begitulah seharusnya jika berurusan dengan listrik. Untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan, seyogianya Anda melakukan pemeriksaan berkala terhadap instalasi listrik di rumah. Terutama jika instalasi itu sudah berusia lebih dari 5 tahun. Lakukanlah rehabilitasi untuk mengganti instalasi yang sudah tak layak digunakan.
Selain itu, hindari menumpuk stop kontak pada satu sumber listrik dan jauhkan sumber listrik dari jangkauan anak-anak. Gunakanlah alat dan material listrik berkualitas dan telah memiliki label SNI (Standar Nasional Indonesia). Perhatikan pula pohon-pohon di sekitar rumah. Pangkas ranting yang mendekati atau menyentuh jaringan listrik.
Kadang-kadang ada peralatan elektronik yang lepas atau harus diperbaiki sambungan kabelnya, misalnya kabel pada lampu baca atau saklar. Proses kerja penyambungan kabel menuntut kehati-hatian. Jika Anda bermaksud memperbaikinya sendiri, ketahui dulu cara aman dan benar dalam mengerjakannya. Seperti inilah prosesnya.
Alat
-Tespen
-Tang dengan tangkai berlapis karet
Langkah Pengerjaan
  1. Sebelum mulai bekerja dengan listrik, matikan arus listrik yang mengarah ke lokasi perbaikan. Meski saklar dan MBC (miniature circuit breaker ) sudah dimatikan, untuk mencegah sengatan listrik yang mungkin masih mengalir, pakailah alas kaki karet atau sarung tangan karet.
    bab-4-mcbRS_01
  2. Colokkan tespen pada kabel. Jika lampu tespen menyala, berarti aliran listrik masih ada. Sebaliknya, jika lampu tespen mati, artinya sudah tak ada aliran listrik dan aman bagi Anda untuk bekerja.  
    bab-4-tespenRS_02
  3. Kupas jaket yang melapisi kabel dengan panjang yang kurang lebih sama pada setiap kabel. Sambung kabel sesuai warnanya, misalnya kabel berwarna biru disambung ke biru, dan hitam ke hitam. Menyambungkan kabel ke warna yang sama memudahkan Anda menentukan kutub positif dan negatif.  Kabel disambung dengan cara memelintirnya dengan tang.
    bab-4-kabelRS_03
  4. Tutup sambungan dengan isolasi plastik yang tebal dan berperekat kuat. Lilitkan isolasi menutup seluruh permukaan sambungan kabel yang terbuka, minimal delapan lilitan.
    bab-4-kabelRS_04
Foto: iDEA/Richard Salampessy

Jasa Mandor Bangunan Plus

Merenovasi Rumah.

Anda sudah memiliki Rumah tetapi kurang puas dengan Fungsi dan bentuk Desain nya ? kami Mandor Bangunan siap membantu merenovasi rumah anda secara total maupun sebagian.

Membangun Rumah.

Kami membantu anda mewujudkan rumah idaman. Punya rencana untuk membangun rumah idaman ? silahkan hubungi kami Mandor Bangunan yang bekerja profesional dan berpengalaman. Proses pembayaran bertahap dan sistem kerja yang terencana , sehingga Rumah Idaman anda dapat terwujud sesuai dana yang direncanakan dan desain yang anda bikin.

Project Perumahan,Ruko,Pabrik,Cafe,Destro,Apartemen

Kami siap bekerja sama dengan kontraktor/Pt, yang bergerak di bidang kontruksi dan Arsitek, menjadi tiem pendukungnya (mandor Bangunan).

Silahkan menghubungi kami :

Mandor Bangunan

Phone :

021 5013 9001,

Mobile :

0816 940 498

email :

mandor.bangunan@gmail.com,

tukangbangunan123@yahoo.co.id,

vfbudyhrt@gmail.com