Rabu, 15 Agustus 2012

Mengatasi Wastafel Pampat

oleh: Yasmin Tri Aryani

Wastafel merupakan salah satu peralatan yang sering digunakan di rumah. Karenanya, jangan sampai pampat!
Mencuci tangan, membasuh wajah maupun menggosok gigi adalah beberapa kegiatan yang sering kita lakukan menggunakan wastafel. Tingginya frekuensi pemakaian dapat menimbulkan beberapa masalah pada wastafel, salah satunya adalah kemampatan.
Wastafel pampat seringkali terjadi ketika ada lapisan lemak atau kotoran yang menumpuk pada pipa pembuangan air wastafel. Akibatnya, air kotor tidak dapat mengalir dan seringkali menimbulkan bau tidak sedap.
Cara membersihkannya tergantung pada penyebab pampatnya wastafel. Membersihkan lapisan lemak tentu berbeda dengan membersihkan plastik yang menyumbat pipa pembuangan di wastafel. Berikut ini beberapa caranya. 
1. Cairan pembersih
Cairan pembersih ampuh untuk membersihkan kotoran sisa makanan, lapisan lemak, bahan plastik yang tipis (semacam plastik gula).
Cara penggunaannya pun terbilang mudah. Kuras air yang menggenang di wastafel hingga kering, kemudian tuangkan cairan pembersih secukupnya ke lubang wastafel. Berhati-hatilah ketika menuangkan cairan pembersih, gunakan sarung tangan, dan segera tutup lubang wastafel dengan wadah plastik yang diposisikan terbalik untuk menghindari luapan kotoran dan zat asam dari cairan pembersih. Tunggu kira-kira 15 menit, lalu siram lubang wastafel dengan air dingin. Bahan cairan pembersih ini aman bagi pipa air.
 
2. Menggunakan kawat spiral
Kawat spiral tidak dapat digunakan untuk membersihkan wastafel pampat karena sumbatan bahan semacam plastik.  Terdapat 2 jenis kawat spiral, yang satu berbentuk seperti selang dengan tangkai besi untuk pemutar, tipe lain memiliki pemutar seperti alat pancing.
Pertama-tama masukkan ujung kawat spiral ke lubang wastafel, longgarkan hingga mencapai titik buntu, kemudian eratkan pengunci kawat. Untuk tipe kawat spiral yang pertama, tekan kawat berulang kali sedangkan untuk tipe kawat kedua, putar tuas yang tersedia searah jarum jam sambil tekan ke arah titik yang buntu hingga bersih. Longgarkan dan angkat kembali kawat spiral, siram lubang dengan air. Ulangi proses ini hingga lubang wastafel tidak pampat.
Langkah Cepat Saat Darurat
Cara ini dapat Anda lakukan ketika “peralatan” yang tersedia hanyalah kedua tangan Anda. Prakteknya hampir sama dengan penggunaan alat hisap sederhana, namun penggunaan alat hisap diganti dengan tangan kita sendiri.
  1. Bersihkan genangan air kotor dari wastafel yang pampat.
  2. Alirkan air bersih hingga tingginya mencapai ½ tinggi wastafel. (TT105 Wastafel_YS05.jpg)
  3. Tutup lubang pembuangan wastafel dengan telapak tangan (posisi tangan kanan di atas tangan kiri atau sebaliknya).( TT105 Wastafel_YS06.jpg)
  4. Berikan kompresi dengan menekan kuat lubang wastafel berkali-kali hingga sedikit demi sedikit air mengalir ke dalam lubang wastafel. Ulangi kompresi beberapa kali hingga aliran air semakin lancar.
  5. Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, segeralah mencari cairan pembersih atau kawat spiral agar aliran air ke lubang wastafel semakin lancar

Jasa Mandor Bangunan Plus

Merenovasi Rumah.

Anda sudah memiliki Rumah tetapi kurang puas dengan Fungsi dan bentuk Desain nya ? kami Mandor Bangunan siap membantu merenovasi rumah anda secara total maupun sebagian.

Membangun Rumah.

Kami membantu anda mewujudkan rumah idaman. Punya rencana untuk membangun rumah idaman ? silahkan hubungi kami Mandor Bangunan yang bekerja profesional dan berpengalaman. Proses pembayaran bertahap dan sistem kerja yang terencana , sehingga Rumah Idaman anda dapat terwujud sesuai dana yang direncanakan dan desain yang anda bikin.

Project Perumahan,Ruko,Pabrik,Cafe,Destro,Apartemen

Kami siap bekerja sama dengan kontraktor/Pt, yang bergerak di bidang kontruksi dan Arsitek, menjadi tiem pendukungnya (mandor Bangunan).

Silahkan menghubungi kami :

Mandor Bangunan

Phone :

021 5013 9001,

Mobile :

0816 940 498

email :

mandor.bangunan@gmail.com,

tukangbangunan123@yahoo.co.id,

vfbudyhrt@gmail.com